Kamis, 01 November 2012

KEGIATAN IDHUL ADHA 2012

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, YPP Darush Sholihin tahun ini mengubah kegiatan hari raya Idhul Adha. Biasanya kegiatan Idhul Adha diisi dengan Manasik Haji, pemotongan hewan Qurban dan pentas seni. Tahun ini kegiatan tersebut diisi dengan Pawai Takbir, Bina Rohani, Sholat Idhul Adha, Pemotongan Hewan Qurban dan Khitanan massal. 

Kegiatan Pawai Takbir diselenggarakan pada malam hari raya Idhul Adha. Peserta takbir keliling terdiri dari seluruh siswa dan sebagian alumni SD Islam Darush Sholihin, serta seluruh guru dan pegawai YPP Darush Sholihin. Salah satu keunikan dalam pawai takbir kali ini adalah seluruh peserta baik siswa maupun guru membawa lampu kilat warna-warni sehingga memberikan suasana yang unik dan menjadi perhatian masyarakat luas. 
Selepas pawai takbir, siswa melanjutkan takbir di sekolah, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film-film pendidikan. Untuk pertama kalinya, Darush Sholihin mengadakan kegiatan sholat Idhul Adha di sekolah pada pagi harinya, dan dilanjutkan dengan pemotongan. Tahun ini YPP Darush Sholihin memotong 5 ekor kambing yang dagingnya dibagikan pada masyarakat sekitar oleh siswa. 
Selesai kegiatan qurban, seluruh siswa kembali mengikuti kegiatan pentas syi'ar Idhul Adha yang diisi dengan berbagai berbagai ragam penampilan oleh siswa Play Group, TK dan SD Islam Darush Sholihin. Selepas Sholat Jum'at, siswa masih di sekolah untuk mengikuti kegiata Khitanan Massal. 
Kegiatan khitanan massal kali ini diselenggarakan dengan bekerja sama antara unit SD Islam Darush Sholihin dengan Panti Asuhan Darush Sholihin yang diikuti oleh 12 orang anak. Acara ini berakhir pukul 16.30 yang juga dimeriahkan dengan penampilan musik gambus Bynazzik dari Pule Tanjunganom.
Semoga kegiatan yang sedemikian padat memberikan manfaat bagi siswa, khususnya dalam memperkaya pengalaman mereka dalam bermasyarakat. Bagi segenap guru, pegawai dan masyarakat yang suka rela membantu kegiatan ini, lembaga hanya dapat mendoakan, jazaa kumullah ahsanal jaza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yayasands@gmail.com